Aluminium Kusen

Alluminium Kusen
By : Bahrul Ulum


Aluminium sekarang ini sudah menjadi barang yang bisa dilihat dimana-mana.Bahkan dirumah pun bisa kita temui peralatan yang terbuat dari almunium. Mulai dari panci , wajan, setrika, lemari es, dll. Untuk peralatan-peralatan itu memang disesuaikan dengan sifat dan karakteristik molekul aluminium.Dengan beberapa komponen campuran , maka aluminium ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan.Badan pesawat terbang pun memakai aluminium yang dicampur dengan bahan lain sehingga mampu menahan gesekan panas dan tentu dengan kelebihan utamanya yaitu : Ringan. Ya... ringan dan kuat.

Produk-produk bermutu tinggi juga banyak yang memanfaatkan aluminium sebagai bahan dasarnya. misalnya body mobil , motor , jam tangan, dll.

Berdasarkan pengamatan saya , kini aluminium lebih banyak dipakai untuk keperluan pembangunan rumah atau gedung. Bisa dipastikan , dan bisa anda buktikan, bahwa di setiap bagunan gedung pastilah terdapat kusen aluminium. Yang terbanyak pemakainnya pada gedung-gedung bertingkat tinggi.Aluminium menjadi pilihan utama sebagai pembungkus gedung pencakar langit karena aluminium selain ringan dan kuat dia juga tahan cuaca.

Pemakaian lain seperti Panel Composite Aluminium , Kusen aluminium, rangka atap aluminium baja ringan, plafon aluminium, pintu aluminium ,dll.

Dalam dunia arsitek, seringkali menjadi kendala jika aluminium diaplikasikan menjadi kusen untuk pembangunan rumah. Sebab memang kusen dari bahan aluminium masih terlihat kaku atau minim profile nya.Bandigkan dengan kusen kayu yang bisa berlekuk dan bersudut bundar.

Akan tetapi ini bisa diakali dengan memberikan beberapa aksen atau modifikasi bentuk seperti kotak atau garis-garis yang juga dari bahan aluminium.Bahan ini disebut Jalousi aluminium. Pun bisa juga dari kerangka kusen dibikin bentuk kotak variasi sehingga bisa menutup ke kakuan dari bentuk kusen secara keseluruhan.

Namun seiring perkembangan ilmu arsitektur, saat ini sedang booming type rumah minimalis. Dan dengan type minimalis, ternyata banyak para insinyur yang justru menyukai dari sifat kaku dari aluminium. Menurut mereka aplikasi minimalis pun harus diterapkan pada bentuk kusen yang sederhana alias "kaku" . Maka jatuhlah pilihan pada Kusen aluminium. Dengan tambahan cat yang bisa disesuaikan selera ( untuk aluminium disebut cat Powder coating ) maka kusen aluminium akan tampak lebih indah menempel di rumah type minimalis.

Nah...tertarik dengan Kusen aluminium ??

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Anonim3/19/2011

    Met pagi mas Bahrul, perkenalkan saya Hasbi dari Perumahan bumi mutiara bekasi saya ingin menanyakan masalah pintu alminium. Rumah saya planningnya mau di renovasi dan dipasangi alumunium .Bisakah bapak membikin kusen aluminum warna putih ? . Mohon berikan kami perkiraan biaya nya dan kalau bisa diberikan pilihan buat warna almunium hitam anodised. Terimakasih banyak pak Roell

    BalasHapus
  2. Anonim5/12/2013

    pak, kami butuh sekat ruang kantor kira kira harga peruang berapa borongan

    BalasHapus

Silahkan Kirimkan Pertanyaan Anda di kolom komentar ini. Insya Allah akan saya jawab secepatnya. Atau anda bisa kirimkan langsung ke email di : alumkaca(at)gmail.com>

Agar lebih cepat mungkin sebaiknya di siapkan dulu data-data ukuran lokasi yang ingin ditanyakan harganya. Cara nya bisa bapak/ibu lihat di Cara menghitung perkiraan biaya kusen

JIka sudah ada data, silahkan deh segera hubungi saya, baik via telepon ( +62812-87-000-47 ) atau via email di alumkaca(at)gmail.com